Selamat datang di Breaking News In Blog Ardyan

Wisata Kota Hantu

Dahulu Kota Hantu, Sawahlunto Kini Tambang Wisata Sumatra Barat
 Senin , 3 Juni 2013 

SALAH satu kota di Indonesia yang dapat dicontoh transformasinya menjadi sebuah kota wisata yang cantik adalah Sawahlunto, Sumatra Barat. Dulunya, Sawahlunto mendapat julukan "Kota Hantu".

Kota Sawahlunto adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Barat. Kota yang terletak 95 km sebelah timur laut Kota Padang ini dikelilingi oleh tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Sijunjung.

Sawahlunto dulunya terkenal sebagai kota pertambangan batu bara. Namun, saat industri pertambangan sudah habis, kota inipun nyaris mati.

Sawahlunto kini terkenal sebagai kota wisata tambang. Bekas-bekas industri pertambangan yang dulu menjadi urat nadi kota inipun dialihfungsikan menjadi objek wisata.

Objek wisata tambang yang dapat Anda lihat di Sawahlunto antara lain kereta pengangkut batu bara, Lubang Tambang Mbah Soero, Museum Goedang Ransoem, dan masih banyak lagi.

Sawahlunto juga mengembangkan akomodasi homestay dengan memberdayakan rumah-rumah penduduknya. Dengan ini, wisatawan yang datang dapat mempelajari budaya lokal dan terlibat hubungan emosional dengan penduduk Sawahlunto.

Sawahlunto juga membuktikan bahwa dengan pariwisata, tingkat kemiskinan dapat teratasi. Pada 2003, tingkat kemiskinan di Sawahlunto mencapai 17 persen, namun kini dapat ditekan hingga 2,4 persen.

0 comments: